4 Penyakit Hati dan Penawarnya

Saudaraku, hati merupakan kunci setiap langkah amal perbuatan kita. Baik dan buruk tingkah laku kita tergantung hati kita. Ia ibarat raja yang harus kita turuti perintahnya. Untuk itu saudaraku, mari kita mengenal penyakit hati dan menemukan penawarnya, agar jalan kita samakin tertuntun, agar langkah kita semakin terarah, agar hidup semakin berkah.
 

1). Jika anda terjerat hawa nafsu liar dan tidak bisa  mengendalikannya, maka LIHATLAH bagaimana perhatian anda terhadap SHALAT. Karena nafsu liar timbul dari sikap menyepelekan shalat.
 

ALLAH berfirman,
"Kemudian datanglah setelah mereka para pengganti yg MENGABAIKAN SHALAT dan MEMPERTURUTKAN SYAHWAT, maka kelak mereka akan tersesat." (QS. Maryam (19) : 59)

2) Jika hati anda keras, berperangai buruk, dan anda merasa jauh dari hidayah, maka PERHATIKANLAH bagaimana hubunganmu dgn kedua orang tuamu, terutama ibumu.

Krn perangai jelek muncul dari kedurhakaan terhadap orang tua.

ALLAH berfirman,
"Dan aku pun berbakti kpd ibuku, sehingga ALLAH TIDAK MENJADIKAN aku seorang yang sombong lagi celaka." (QS. Maryam (19) : 32)

3) Jika kehidupan anda terasa sempit, dan perasaan anda selalu gusar, maka LIHATLAH bagaimana perlakuan anda terhadap Al-Qur'an.

Karena kesempitan hidup berasal dari jauhnya anda dari Al-Qur'an.

ALLAH berfirman,
"Dan brgsiapa BERPALING dari peringatanKU (Al-Qur'an) niscaya baginya sungguh penghidupan yg sempit." (QS. Thaha (20) : 124)

4) Jika anda merasa ragu2 diatas kebenaran dan dihinggapi was2, maka PERHATIKANLAH diri anda, apakah anda sdh melaksanakan nasihat yg selama ini telah anda dengar?

Karena keraguan tumbuh dari penolakan nasihat.

ALLAH berfirman,
"Dan sesungguhnya jikalau mereka mau MELAKSANAKAN NASEHAT yg sampai kpd mereka, tentulah yg demikian lbh baik bagi mereka dan lbh menguatkan iman mereka."(QS. An-Nisa (4) : 66)

Dan akhirnya, "qad aflahamantazakka, wa qad khabamandassaha; beruntunglah orang yang mensucikan jiwanya dan merugilah bagi yang mengotori jiwanya."


(diramu dari berbagai sumber - salam Rumah Cinta "dengan cinta kita satukan dunia")
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda:

HIDANGAN WEB

Recent Comment